Deception Point The Movie?

Mungkin memang sudah terlambat kalau saya tulis ini. Mungkin juga sudah pernah ada yang menulisnya. Tapi yang saya tulis ini bener-bener murni hasil dari pikiran saya, bukan plagiat atau copy paste.

Pasti sudah banyak yang tau Dan Brown kan? Penulis kontroversial yang mengguncang dunia dengan karyanya Da Vinci Code. Dan Brown memang tergolong cukup berani menggabungkan fakta sejarah, fiksi, dan hal-hal misterius yang tak banyak diketahui khalayak. Dan yang paling sensitif adalah menyangkut pautkan agama. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas. Bukan Da Vinci Code, bukan Angels and Demons,Ā  bukan Digital Fortress, bukan pula The Lost Symbol yang mengharuskan pembacanya punya pengetahuan tentang Freemason dan gedung-gedung bersejarah di Amerika (saya salah satu pembaca yang sulit memahami buku ini karena tak punya pengetahuan tentang Amerika).

Saat ini saya ingin membahas tentang Deception Point yang menurut saya justru paling seru dan menarik karena tak terlalu butuh latar belakang pengetahuan khusus. Deception Point bercerita tentang konspirasi tingkat tinggi dalam politik Amerika. Dengan tokoh utama Rachel Sexton yang dalam 24 jam sudah merasakan dinginnya kutub utara, ditolong oleh kapal selam rahasia AS, melihat hiu-hiu lapar di lautan Atlantik, dan bahkan menjadi saksi aktivitas vulkanik di laut dalam dengan terjebak dalam kapal selam mini. Menurut saya karya Dan Brown yang ini sangat ringan dan seperti film-film konspirasi yang telah ada macam Trilogi Bourne ataupun yang terbaru SALT yang diperankan Angelina Jolie. Dengan latar belakang White House, NASA, Delta Force yang sudah cukup akrab di masyarakat tidak seperti Franklin Square dalam The Lost Symbol ataupun Ruang Rahasia Vatikan dalam Da Vinci Code yang tak banyak diketahui umum.

Tapi bukan Dan Brown kalau tidak bisa mengemas karyanya dengan penuh misteri. Justru di balik tema yang ringan ini tersimpan banyak kejutan-kejutan yang tak terduga. Baik itu tentang siapa yang baik maupun yang jahat ataupun sejauh mana keterlibatan NASA dan Gedung Putih dalam konspirasi yang terjadi. Semua dikemas begitu mengejutkan dan mengesankan (mengesankan saya khususnya).

Tetapi satu yang mengganjal pikiran saya. Kenapa novel Dan Brown yang ini tidak difilmkan? Dengan kelebihan-kelebihan yang menurut saya sangat menjual sangat mungkin bila novel ini bisa menjadi box office jika difilmkan. Mungkinkah Deception Point ini akan difilmkan seperti Da Vinci Code dan Angels and Demons? Saya berharap ā€œyaā€.

Advertisements

2 Comments on “Deception Point The Movie?”

  1. Eka Nugraha says:

    Betul, sebelum baca The Lost Symbol, Deception Point merupakan karyanya yang paling keren. tapi bro, kalau ini mau difilmkan sepertinya masih lama. jadwal terbaru adalah film The Lost Symbol dulu tahun 2012, pokoke yang ada Langdonnya dihabisin dulu.

    Btw, buku ini juga cukup rumit sih walau gak seberat yang lain, terutama pemecahan kode-kodenya šŸ˜›

    aku pernah nyinggung sedikit tentang ini bro, bisa baca di sini šŸ˜›

    http://bicarafilm.com/baca/2010/05/26/kenapa-harus-berharap-banyak-pada-film-adaptasi.html

  2. nditndud says:

    wah berarti masih lama kalau tunggu Langdon sampai habis, hehehe…tapi menurutku Langdon yang paling keren ya Angels and Demons, meskipun simbolik tapi masih mudah dicerna daripada Da Vinci Code. Lepas dari simbol dan kode ya Deception Point ini bisa jadi selingan. Kalau Digital Fortress terlalu simpel dan kurang menarik bagiku (yang kebetulan tahu sedikit tentang komputer dan seluk beluknya). Kurang ada kejutan-kejutan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s